Unit Produksi

Air baku yang dipompa menggunakan intake pump akan langsung memasuki tahap produksi. Tahap produksi ini terdiri dari tiga tahapan. Tahapan pre treatment, Ultrafiltrasi , dan Ultra violet. Air baku yang telah disaring oleh Sand Filter dan Carbon Filter kemudian ditampung dalam Feed Tank dan disebut sebagai feed water. Feed water kemudian dipompa oleh UF Feed Pump menuju Automatic Cleaning Filter (ACF) dan diteruskan ke dalam sistem Ultrafiltrasi . Selain diolah, feed water ini juga digunakan untuk proses pembersihan Sand Filter yang sering dikenal dengan istilah Sand Filter Backwash.

Pre Treatment

Air baku akan memasuki tahap pre-treatment berupa penyaringan melalui sand filter dan dilanjutkan dengan carbon filter. keduanya dipasang parallel sebelum kemudian air masuk ke dalam feed tank, yang kemudian air disebut dengan feed water.Sand filterberfungsi untuk menyaring partikel-partikel kotoran yang terdapat di dalam air. pengotor dalam bentuk koloid akan tertahan dalam bentuk lapisan gelatin. Sedangkan ion-ion yang larut dalam air akan dinetralkan oleh ion-ion pasir kuarsa. Maka Air akan mengalami netralisasi. Selain itu, lapisan zooglial pasir yang mengandung organisme hidup akan memakan bahan organis dan membersihkan air. Dengan demikian cara kerja pasir kuarsa penyaring dapat secara mekanis, elektrolisis dan bakterisidal.

Ultrafiltrasi

Air yang sudah melalui tahap pre treatment akan masuk pada feed tank, air tersebut disebut dengan feed water. Feed water tersebut kemudian akan disaring melalui Ultrafiltrasi . Penyaringn Ultrafiltrasi ini merupakan penyaringan yang sangat kecil hingga skala nano. Jika dianalogikan, kerja Ultrafiltrasi ini menyerupai dengan fungsi ginjal pada manusia. Feed water yang masuk akan disaring pada Ultrafiltrasi untuk kemudian dipompa menuju ke ultraviolet.

Ultraviolet

Setelah feed water mengalami penyaringan pada Ultrafiltrasi air akan discanning melalui gelombang ultraviolet untuk membunuh bakteri atau virus yang lolos dari Ultrafiltrasi . Setelah melalui Ultraviolet air disebut sebagai air produk atau air minum dan ditampung pada drink tank, untuk selanjutnya akan didistribusikan ke UGM.