Forum Ask & Question

1. Dari mana sumber airnya?

Sumber air Toya Gama berasal dari sumur dangkal yang dibuat berdampingan dengan sumur Umbul Pace milik UGM. Sumur tersebut berada di utara FoodPark lembah UGM, tepatnya berada di belakang gedung utama Toya Gama dan terlindungi dari cuaca luar.

2. Amankah untuk dikonsumsi langsung?

Aman. Air Toya Gama telah diproses melalui beberapa tahapan proses hingga menghasilkan air minum yang berkualitas dan diuji secara rutin oleh pengelola Toya Gama serta diujikan berkala ke balai besar bersertifikat Komite Akreditasi Nasional (KAN) sehingga selalu terpantau dan dijaga kualitasnya. Untuk penjelasan mengenai proses pengolahannya dapat dilihat pada bagian unit produksi pada menu fasilitas.

3. Bagaimana dengan jaringan pipa yang dipergunakan?

Pipa yang digunakan berbahan High Density Polyethylene (HDPE) berstandar foodgrade dan merupakan pipa yang telah digunakan di banyak proyek pengolahan air minum baik milik institusi pemerintahan maupun digunakan secara umum.

4. Dimana lokasi pengolahan airnya?

Lokasi Toya Gama berada Jl. Olahraga (utara FoodPark lembah UGM). Untuk lebih jelasnya bisa buka menu kontak. Jika berkeinginan untuk melihat proses pengolahan air minum Toya Gama bisa menghubungi nomor yang tertera pada menu tersebut.

5. Dimana saja lokasi yang dilayani Toya Gama?

Hingga saat ini unit layanan yang dimiliki Toya Gama adalah 50 Water Fountain, 12 Water Dispenser dan 25 Sambungan Rumah yang tersebar di seluruh fakultas serta bangunan yang ada di wilayah UGM. Untuk detail penyebaran unit layanan yang kami miliki silahkan buka bagian menu lokasi.

6. Bagaimana cara menggunakan Water Fountain dan Water Dispenser yang benar?

Pada setiap unit layanan (Water Fountain/Water Dispenser) telah disertai dengan papan petunjuk cara menggunakan disertai dengan sedikit penjelasan mengenai Toya Gama.

7. Kenapa kadang nyala kadang mati?

Beberapa unit layanan (Water Fountain/Water Dispenser) tidak dilengkapi dengan tangki reservoir sehingga hanya mengandalkan tekanan air dalam pipa saja, ketika pompa distribusi tidak menyala lama-kelamaan tekanan akan menurun sehingga air tidak dapat mengalir.

8. Bagaimana kualitasnya jika dibandingkan dengan air minum kemasan yang sudah ada?

Kami belum pernah menguji air minum kemasan yang sudah beredar di pasaran sehingga kami tidak dapat membandingkannya dengan air minum Toya Gama. Namun dapat kami pastikan bahwa air minum Toya Gama telah teruji secara rutin dan berkala, memenuhi standar baku mutu air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010.

9. Mengapa terkadang muncul papan peringatan sedang perbaikan di unit layanan?

Seperti halnya setiap barang pasti butuh perawatan, begitu pula unit layanan kami. Tidak hanya pada Water Fountain/Water Dispenser saja begitu pula pada bagian yang lain seperti jaringan perpipaannya. Sehingga pengguna diharapkan dapat bersabar ketika hal ini terjadi, dan menunggu hingga perawatan tersebut selesai dilakukan sehingga unit layanan kami dapat difungsikan kembali.

10. Apa yang dilakukan petugas Toya Gama ketika ke unit layanan?

Memastikan bahwa unit layanan dapat berfungsi dengan baik, tidak terjadi permasalahan yang menyebabkan terhentinya suplai air minum bagi civitas akademika UGM dan melakukan perawatan serta pengambilan sampel air minum untuk diujikan di mini lab Toya Gama.

data